cLock

Senin, 08 Agustus 2011

Anemia Menyerang


Anda terkena anemia? Atau anda sekarang sedang bingung apakah terkena anemia atau tidak! Memang  gejala anemia kadang membuat kita semua menjadi bingung. Sebelum anda mendiagnosa apakah terkena enemia atau tidak, lebih baik anda mengetahui gejala anemia di bawah ini.

Perhatikan gejala-gejala berikut ini apakah anda :
  •  Lemah, letih, lesu, mudah lelah dan lunglai 
  • Wajah tampak pucat
  •   Mata berkunang-kunang 
  • Nafsu makan berkurang 
  • Sulit berkonsentrasi 
  • Sering sakit
 

Jika anda mengalami gejala-gejala tersebut hati-hati karena itu adalah awal anda terkena anemia. Periksa hb anda. Jika anda atau keluarga anda terkena anemia dapat menimbulkan dampak-dampak yang nantinya berpengaruh pada aktivitas anda sehari-hari seperti :

1.     Berkurangnya daya pikir dan konsentrasi
2.    Berkurangnya prestasi
3.    Berkurangnya semangat belajar dan bekerja
4.    Menurunnya produktivitas kerja
5.    Menurunnya kebugaran tubuh
6.    Mudahnya terserang penyakit
7.    Dapat  menyebabkan kelahiran bayi prematur ( bayi lahir dangan berat badan rendah )

Dengan begitu banyaknya dampak yang ditimbulkan jika kekurangan darah, maka dibutuhkan antisipasi-antisipasi agar Anda atau keluarga Anda tidak terkena yang namanya anemia. Berikut beberapa  hal yang Anda dapat lakukan, seperti  :

1.     Mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi tinggi yang  terdapat  pada sayur-sayuran segar seperti bayam, daun singkong dan kangkung. Selain itu zat besi dapat juga anda temukan pada buah-buahan, kacang-kacangan (kedelai dan kacang merah), serta makanan hewani (daging, telur, limpa dan hati).
2.    Kurangi menkonsumsi yang namannya teh dan kopi, kedua hal tersebut ternyata dapat menghambat penyerapan zat besi. Pasti anda susah menghilangkan kesiasaan mengkonsumsi teh dan kopi apalagi jika anda sudah kecanduan.
3.    Biasakan untuk mengkonsumsi vitamin dan zat penambah darah, apalagi sekarang  banyak sekali suplemant-suplemant penambah darah di pasaran.



http://www.hanyawanita.com/_health/article.php?a

0 komentar:

Posting Komentar