cLock

Senin, 15 Agustus 2011

MENGATASI TUMIT KERING DENGAN BAHAN ALAMI


Terik matahari musim panas tanpa ampun, bisa memanggang dan membuat kulit, termasuk tumit, jadi kering dan pecah-pecah. Kondisi itu tentu mengurangi rasa percaya diri.

Untuk mengatasi masalah tersebut memang bisa menggunakan obat dari dokter. Tapi, tidak ada salahnya jika anda mencoba menggunakan bahan-bahan alami yang efeknya relatif kecil. Berikut ini di antaranya:
 
  • Apel
Sebutir apel sangat membantu mengatasi tumit yang pecah-pecah. Caranya, parut apel hingga halus, kemudian bubuhkan pada tumit yang pecah-pecah. Diamkan sekitar 15 menit, kemudian bersihkan.

  • Bawang Putih
Parut atau blender bawang putih hingga halus, ambil sedikit kemudian letakan pada secarik kain tebal. Selanjutnya, rekatkkan erat-erat ke tumit dengan plester.
  • Kubis
Metode lain yang efektif adalah daun kubis. Ambil selembar daun kubis dan rekatkan ke tumit dengan plester menjelang tidur pada malam hari, kemudian lepas kubis dan olesi tumit dengan krim pelembab. Lakukan secara rutin hingga masalah kaki pecah-pecah bisa diatasi. (Sumber: Cantiq)

Atau bisa dioleskan minyak kemiri maka mudah-mudahan kulit kering pecah-pecah pada kaki anda bisa berangsur-angsur membaik. Jika anda kesulitan untuk mendapatkan minyak kemiri asli andapun bisa mencoba membuat minyak kemiri sendiri. Kemiri dibakar sampai gosong kemudian ditumbuk hingga halus mengeluarkan minyak kemiri. Minyak yang keluar dari kemiri bakar itulah yang anda oleskan ke kulit yang pecah-pecah bersisik-sisik kasar secara rutin. Selamat mencoba dan semoga berhasil mengatasi masalah anda.

Atau pengen mencoba secara tradisional?

1. Siapkan air hangat, kemudian tambahkan garam ke dalam air hangat. Setelah itu rendam kaki anda ke dalam air hangat tersebut. Sebelum kaki anda direndam bersihkan dahulu.

Kemudian redamlah kaki anda 10 hingga 15 menit. Fungsinya akan mengagkat kulit-kulit kering, selain itu juga garam dapat menghilangkan rasa lelah pada kaki.

2. Gosoklah tumit anda yang pecah-pecah dengan batu apung atau penghalus kaki khusus. Alat ini dapat mengupas kulit kering pada tumit anda.

3. Setelah itu balurkan foot scrub gel secara merata pada tumit anda. lakukanlah dengan pijatan ringan. Kemudian bersihkan dan keringkan dengan handuk.

4. Jika kaki sudah kering, oleskan losion yang mengandung pelembab untuk menghaluskan dan melembabkan kaki. Jangan lupa di iringi dengan pemijatan ringan. Agar kaki terasa lebih segar oleskan losionyang mengandung mentol.

5. Agar kelembapan tumit tetap terjaga kenakanlah kaus kaki lembut sebelum anda tidur.




0 komentar:

Posting Komentar